RSS

PERSYARATAN,KEWAJIBAN,DAN HAK GURU

18 Sep

BAB I

PENDAHULUAN

Menjadi guru yang professional adalah hal yang dicita-citakan oleh semua guru. Dan untuk mencapai hal tersebut,seorang guru tidak hanya sekedar mengetahui bahwa tugas utamanya adalah mendidik,membimbing,melatih,menilai,dan mengevaluasi peserta didik , namun hal terpenting yang harus diketahui oleh seorang guru sebelum dia melaksanakan tugas utamanya, yaitu dia harus mengerti dan memahami syarat-syarat untuk menjadi guru yang baik,kewajiban seorang guru,dan hak yang dimiliki oleh seorang guru. Karena seorang guru yang tidak mengetahui ketiga hal diatas dimungkinkan dalam menjalankan profesinya tidak akan mencapai suatu profesionalitas.Maka dari itu seorang guru wajib memahami syarat,hak,dan kewajibannya agar dapat menjadi guru yang professional.

Setelah seorang guru memahami tentang syarat,kewajiban,dan haknya diharapkan dapat menjalankan profesinya sebagai guru secara professional, mempunyai kepribadian layaknya seorang guru, mampu menjalankan tugas utamanya secara baik, memahami kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang guru, dan mengetahui hak seorang guru dalam tugas keprofesionalannya.Dan tujuan akhir dari semua itu adalah dapat menjadi guru yang professional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

PERSYARATAN,KEWAJIBAN,DAN HAK GURU

 

 

A . SYARAT UNTUK MENJADI GURU YANG BAIK

Untuk menjadi guru yang baik dan dapat melaksanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya,seorang guru dituntut untuk memiliki kualitas yang dituntut dari profil seorang guru,seperti :

1. Memiliki kepribadian

2. Memiliki pengetahuan dan pemahaman profesi kependidikan

3 .Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang bidang spesialisasi

4. Memiliki kemampuan dan ketrampilan profesi

Di samping itu guru juga dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan seperti :

  1. Menguasai materi pembelajaran dan kemampuan untuk memilih,menata,dan mengemas materi pelajaran ke dalam cakupan dan kedalaman yang sesuai dengan sasaran kurikuler yang mudah dicerna oleh siswa.
  2. Memiliki penguasaan tentang teori dan ketrampilan mengajar.
  3. Memiliki pengetahuan tentang masa pertumbuhan dan perkembangan siswa serta memiliki pemahaman tentang bagaimana siswa belajar.
  1. Penguasaan materi pelajaran sebagai dasar kemampuan guru untuk melakukan proses pembelajaran.

Guru yang profesional sebelum mulai mengajar mereka telah benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, baik dari segi adminstrasi seperti membuat persiapan mengajar, membuat program pembelajaran, media pembelajaran, maupun dari segi edukatif, seperti menguasai materi pelajaran, metode dan teknik pembelajaran.

Guru juga harus memiliki kemampuan untuk memilih, menata, dan mengemas materi pelajaran ke dalam cakupan dan kedalaman yang sesuai dengan sasaran kurikuler dan kemampuan daya tangkap sehingga mudah dicerna oleh siswa, dengan demikian proses pembelajaran menjadi menarik karena bersifat terarah, apalagi dilengkapi dengan media pembelajaran yang menarik, disampaikan secara lugas, tidak berbelit-belit, dan banyak melibatkan siswa.

  1. Memiliki penguasaan tentang teori dan ketrampilan mengajar

Ada beberapa ketrampilan yang harus dikuasai guru antara lain :

  1. Ketrampilan menjelaskan

Penjelasan materi pelajaran yang mudah dipahami siswa merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, oleh sebab itu guru diharapkan mampu mengorganisasikan materi pelajaran dengan perencanaan yang sistematis,sehingga mudah dipahami oleh siswa.

Ketrampilan ini bertujuan untuk :

# membantu siswa dalam menghadapi konsep,hokum,prinsip,atau prosedur.

# membantu siswa menjawab pertanyaan

# melibatkan siswa untuk berpikir

# mendapatkan balikan dari siswa

# membantu siswa menghayati proses nalar

  1. Ketrampilan memberi penguatan

Ketrampilan memberi penguatan baru akan tampak pada saat guru memberikan respon terhadap munculnya tingkah laku siswa yang bernilai positif,sehingga dapat meningkatkan perhatian dan motivasi belajar siswa kearah yang lebih positif. Penguatan dapat diberikan dalam bentuk verbal ( kata-kata / pujian ), dan non verbal , seperti : gerakan mendekati,mimic dan gerakan badan, sentuhan, dan kegiatan yang menyenangkan siswa   ( audience ).

  1. Ketrampilan bertanya

Hampir semua kegiatan proses pembelajaran berlangsung dengan tanya  jawab. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran yang dilaksanakan guru dapat membantu siswanya. Kualitas pertanyaan guru menggambarkan kualitas jawaban siswa, oleh sebab itu guru yang terampil dalam bertanya , akan mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

  1. Ketrampilan mengadakan variasi pembelajaran

Ketrampilan jenis ini harus dimiliki guru dengan tujuan untuk mengadakan variasi guna melakukan perubahan dalam proses kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa,serta mengurangi rasa jenuh dan bosan selama mengikuti proses pembelajaran.Ketrampilan mengadakan variasi meliputi : variasi dalam gaya mengajar, penggunaan media dan bahan pelajaran,serta variasi dalam pola interaksi dan kegiatan.

  1. Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran

Kegiatan membuka pelajaran dilakukan guru untuk menciptakan suasana yang dapat menimbulkan kesiapan mental siswa agar termotivasi terhadap pelajaran yang akan diberikan guru.Kegiatan ini berbentuk appersepsi,pretes,atau tanya jawab terhadap materi yang lalu atau materi yang akan diberikan.Sedangkan kegiatan menutup pelajaran terdiri dari : membuat rangkuman / ringkasan, melaksanakan evaluasi akhir pelajaran, dan memberikan tindak lanjut.

  1. Ketrampilan mengelola kelas

Ketrampilan ini harus dimiliki guru dalam rangka menciptakan dan mempertahankan situasi kelas yang kondusif dan menyenangkan , sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Di samping itu ketrampilan ini bermanfaat bagi guru terutama untuk :

# Mendorong siswa agar dapat bertanggung jawab baik secara individu / klasikal terhadap perilakunya.

# Menyadari kebutuhan siswa.

# Memberikan respon yang efektif terhadap perilaku siswa.

  1. 3.      Memiliki pengetahuan tentang masa pertumbuhan dan perkembangan siswa serta memiliki pemahaman tentang bagaimana siswa belajar.

Untuk dapat memahami anak didik dengan baik, seorang guru harus dapat memahami hakikat pertumbuhan dan perkembangan mereka serta memahami karakteristik anak didiknya. Hal ini disebabkan karena siswa sebagai manusia mengalami perubahan-perubahan fisik, interaksi sosial, kemampuan mengingat, kemampuan emosional, kemampuan intelektual, kemampuan kognitif, afektif, dan kemampuan psikomotor. Dengan dikuasainya pemahaman anak didik oleh guru, akan memudahkan guru tersebut dalam melaksanakan proses pembelajaran sebab guru akan dapat memberikan materi yang sesuai dengan masa pertumbuhan dan perkembangan siswa.

 

B . HAK DAN KEWAJIBAN GURU

Guru sebagai tenaga professional, ahli dalam bidang (akademis) yang ditandai dengan memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan yang berwenang dan terakreditasi oleh pemerintah. Seseorang yang telah memiliki sertifikat mengajar, dinyatakan sebagai ahli dalam bidang akademis tertentu, memiliki hak untu mengajar dalam lembaga atau satua pendidikan. Secara akademis, seorang guru professional ia memiliki keahlian atau kecakapan akademis atau dalam bidang ilmu tertentu; cakap mempersiapkan penyajian materi (pembuatan silabus; program tahunan, program semster) yang akan menjadi acuan penyajian; melaksanakan penyajian materi ,melaksanakan evaluasi ,serta mampu memperlakukan siswa secara adil dan secara manusiawi.

 

Undang-undang Guru No.14 Tahun 2005 menyebutkan tentang hak dan kewajiban guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan adalah :

Hak Seorang Guru diantaranya :

1)      Memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.

2)      Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja.

3)      Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual.

4)      Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi

5)      Memperoleh dan memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kelancaran tugas keprofesionalan.

6)      Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan ikut menentukan kelulusan,memberikan penghargaan ataupun sanksi kepada peserta didik sesuai dengan kaidah pendidikan ,kode etik guru,dan peraturan perundang-undangan.

7)      Memperoleh rasa aman dan jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugas.

8)      Memiliki kebebasan untuk berserikat dan organisasi profesi

9)      Memiliki kesempatan untuk berperan dalam penentuan kebijakan pendidikan.

10)  Memiliki kesempatan untuk barperan mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi.

11)  Memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya ( Bab IV Pasal 14, halaman 6 ).

Kewajiban  Seorang Guru diantaranya :

1)   Merencanakan pembelajaran , melaksanakan

2)    proses pembelajaran yang bermutu , serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

3)   Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan , teknologi dan seni.

4)   Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin,agama,suku,ras, dan kondisi fisik tertentu, atau latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran.

5)   Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan,hukum,kode etik guru,serta nilai-nilai agama dan etika.

6)   Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

BAB III

PENUTUP

 

Dari pembahasan tentang persyaratan, hak , dan kewajiban seorang guru yang telah dijelaskan di atas dapat ditarik kesimpulan :

  1. Untuk menjadi guru yang baik, syarat-syarat yang harus dipenuhi :
  • Memiliki Kepribadian
  • Mengetahui dan memahami profesi kependidikan
  • Memahami bidang spesialisasi seorang guru
  • Mempunyai kemampuan dan ketrampilan profesi
  1. 2.      Kewajiban seorang guru :
  • Merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran
  • Meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi guru
  • Bertindak objektif dan tidak diskriminatif
  • Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan,hokum,serta kode etik guru
  • Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa
  1. 3.      Hak seorang guru :
  • Mendapatkan penghasilan diatas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.
  • Mendapatkan penghargaan sesuai prestasi kerja
  • Memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran
  • Memperoleh rasa aman

 

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

Djam’an Satori. (2007). Profesi Keguruan.Jakarta : Universitas Terbuka.

Massofa.wordpress.com / 2008 /10 /12/ syarat-untuk-menjadi-guru-yang-baik /

Pdfdatabase.com / hak-kewajiban-guru /

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 18, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: