RSS

RPP IPS SD kelas 3 smt 2

18 Sep

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MODEL PEMBELAJARAN : KONTEKSTUAL
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS/SEMESTER : III/ 2
TEMA :KEGIATAN

Disusun Oleh :
TAUFIK MALENDRA
K7108239
VF
15

S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SD/MI : . . . .
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Keterampilan : bertanya dasar dan lanjut
Tema : Kegiatan
Kelas/Semester : III/2
Alokasi Waktu : 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.

A. Kompetensi Dasar :
Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan.
B. Indikator:
1. Kognitif
a. Mengenal jenis uang yang beredar di masyarakat
b. Menjelaskan kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari.
c. Menjelaskan cara mengelola uang agar menjadi lebih berarti.
d. Menyebutkan manfaat mengelola uang dengan baik.
2. Afektif
a. Mengidentifikasi bentuk uang.
b. Mengidentifikasi nominal uang.
3. Psikomotor
a. Menunjukkan proses penggunaan uang
b. Membuat karangan tentang menabung
C. Tujuan Pembelajaran:
1. Kognitif
a. melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian uang dengan benar
b. Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan minimal 3 kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari.
c. Melalui informasi guru siswa dapat menggunakan uang secara hemat agar lebih berarti dalam kehidupan sehari-hari.
d. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan cara mengelola uang dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.
2. Afektif
a. melalui uang kertas dan uang logam siswa dapat mengidentifikasi nilai nominal uang yang beredar di masyarakat dengan benar.
b. melalui uang kertas dan uang logam siswa dapat menunjukkan nilai nominal uang yang beredar di masyarakat dengan benar.
3. Psikomotor
a. Melalui penugasan siswa dapat mendemonstasikan proses jual beli dengan menggunakan uang dengan benar.
b. Melalui penugasan siswa dapat membuat cerita secara singkat tentang manfaat menabung dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan Latihan
1. Melatih simulator untuk meningkatkan penampilannya di depan kelas dalam ketrampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut
2. Melatih simulator untuk menguasai komponen-komponen bertanya dasar yang meliputi
a. Pengungkapan pertanyaan secara jelas
b. Pemberian acuan
c. Pemusatan
d. Pemindahan giliranpenyebaran
e. Pemberian waktu berpikir pemberian tuntutan
3. Melatih simulator untuk menguasai komponen-komponen bertanya lanjutr yang meliputi:
a. Pengubahan tuntutan tingkatan kognitif dalam menjawab pertanyaan
b. Pengaturan urutan pertanyaan
c. Penggunaan pertanyaan pelacak
d. Peningkatan terjadinya interaksi
E. Dampak Pengiring
Setelah pembelajaran selesai, secara bertahap siswa dapat mengelola uangnya sesuai dengan kebutuhannya dalam kehidupan sehari-hari.
F. Materi Pembelajaran
Uang dan Penggunaannya
G. Metode dan Model Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran
a. Ceramah variasi
b. Tanya jawab
c. Demonstrasi
d. Pengamatan
e. Penugasan
2. Model Pembelajaran
e. Kontekstual
f. Terpadu
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

No. Kegiatan Komponen ketrampilan
Guru Siswa
1 Pedahuluan (5 menit)
a. Salam
b. Guru menunjukkan benda, guru bertanya pernahkan melihat benda ini?
c. Tahap pengembangan. Benda apakah ini?
d. Apersepsi: pada apakah yang dimaksud dengan barter?
e. Siswa diajak bernyanyi
f. Apa yang dilakukan supaya beruntung pada nyanyian tadi?

Menjawab

menjawab •

• Pengungkapan pertanyaan secara jelas
• Pengubahan tingkat kognitif pertanyaan

• Pertanyaan ingatan

• pemusatan
2 Kegiatan inti (15 menit)
Guru bertanya
a. Siapa yang tidak diberi uang saku?
b. Apa alasannya?
c. . Digunakan untuk apa sajakah uang saku yang diberikan pada kaliyan?
d. Yang lain?
e. Apakah yang dimaksud dengan uang? Ayo siapa yang tau?
f. Anak- anak apa kah hanya uang yang digunakan sebagai alat tukar?
g. Siapakah yang membuat uang?
h. Ada berapa bentuk uang yang kamu ketahui?
i. uang apa sajakah itu?
j. apakah nilai nominal dari setiap uang sama?
k. Sebutkan nilai nominal uang logam dan kertas dengan menunjukkan uang yang sudah disediakan!
l. Berapa nilai mata uang logam yang terkeci?
m. Berapa nilai mata uang logam yang terbesar?
n. Tukarkanlah nilai mata uang Rp 1.000,00 dengan mata uang kecil yang lain
o. Apakah ada perbedaannya antara uang kertas dan uang logam?
p. adakah yang tidak setuju? Semuanya sepakat ada?
q. Bedakanlah ciri-ciri uang logam dan kertas
r. Apa saja kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari?
s. Dapatkah kamu member conto h cara melakukan jual beli dengan uang?
t. Demonstrasikanlah!
u. Bagaimana cara kita mengelola uang dengan baik?
v. Caranya?
w. Apa saja manfaat kita menabung?
x. Dapatkah kalian membuat rangkuman dari pelajaran tadi?
menjawab
• Meminta alasan

• Pengaturan urutan pertanyaan

• Peyebaran
• Pemberian waktu berfikir

• Penerapan

• Meminta kesepakatan pandangan
• Pertanyaaan analisis

• Memberi contoh

• klarifikasi
4. penutupan (5 menit)
a. membuat kesimpulan bersama
b. evaluasi
1) Ada berapa bentuk uang yang kamu ketahui, sebutkan!
2) Sebutkan pecahan uang logam yang kamu ketahui!
3) Samakah ciri-ciri uang kertas dengan ciri-ciri uang logam? Apa perbedaannya?
4) Sebutkan 3 kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari
5) Jelaskan pentingnya menabung!
c. memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
d. Memberi tugas, bagaimana seandainya saya tidak menabung?
e. memberi saran kepada siswa agar berhemat dalam menggunakan uang
f. salam penutup menjawab

I. Sumber belajar dan Media Pembelajaran
3. Sumber Belajar
a. Buku Pengetahuanku Pengetahuan Sosial SD Kelas 3, karya: Rusyanti, penerbit: Bumi Aksara, halaman 35-32.
b. Buku IPS untuk SD dan MI Kelas 3, Karya: Sunarso, Pusat Perbukuan Depdiknas, halaman
4. Media Pembelajaran
a. Uang kertas: pecahan Rp 1000,00, pecahan Rp 5000,00, pecahan Rp 10.000,00, Rp 20.000,00, Rp 50.000,00
b. Uang logam: pecahan Rp 100,00, pecahan Rp 200,00 pecahan Rp 500,00, pecahan Rp 1000,00

J. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes Tertulis
b. Tes Lisan
2. Bentuk Instrumen
Tes Uraian
3. Soal/Instrumen
Tes Uraian
a. Ada berapa bentuk uang yang kamu ketahui, sebutkan!
b. Sebutkan pecahan uang logam yang kamu ketahui!
c. Samakah ciri-ciri uang kertas dengan ciri-ciri uang logam? Apa perbedaannya?
d. Sebutkan 3 kegunaan uang dalam kehidupan sehari-hari
e. Jelaskan pentingnya menabung!
4. Kriteria Penilaian
Skor tiap nomor yang benar : 5.

Mengetahui, Surakarta, 8 April 2011
Dosen Pembimbing, Mahasiswa,

Drs. Hadi Mulyono, M. Pd Taufik Malendra
NIP. NIM. K7108239

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 18, 2011 in Uncategorized

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: